Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder

Yuk Ketahui, Ini Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder

Rekomendasi Nasi Box – Pastinya baking soda dan baking powder mungkin tak asing lagi bagi anda, terutama bagi anda yang biasa membuat kue. Dan apalabila Anda berminat maka bisa menggunakan jasa catering Jakarta.

Tetapi mungkin untuk sebagian orang, terutama bagi pemula mungkin beranggapan bahawa baking soda dan baking powder adalah bahan yang sama dalam membuat kue, karena memang bentuknya sama saja.

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa ada perbedaan bakin soda dan bakin powder dalam segi bahan dan proses pembuatan dan juga kegunaan, dan berikut akan kita bahas secara rinci perbedaan baking soda dan baking powder seperti yang dikutip laman souljournal

 

Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Dari Segi Bahan dan Manfaat

 

  1. Dari Segi Bahan dan Proses Pembuatan

 

  • Baking soda

Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama adalah dalam bahan baku dalam pembuatan baking soda adalah bijih trona yang berbentuk kristal yang didapat dari hasil penambangan yang kemudian diolah menjadi abu soda.

Kemudian abu soda tersebut diproses penyaringan untuk pemisahan antara cairan dan kristal, dan kristal tersebut dilarutkan dalam larutan bikarbonat dan kemudian disaring. Hasil dari saringan tersebut didaur ulang kembali untuk menjadi abu soda yang setengah jadi. Kemudian abu soda setengan jadi tersebut dicuci dan dikeringkan dalam mesin pengering dan menghasilkan abu soda murni.

  • Baking powder

Sedangkan perbedaan baking soda dan baking powder tersebut jauh lebih simpel dari pembuatan paking soda, dan ternyata bahan utama dalam pembuatan baking power adalah baking soda.

Bedanya baking powder biasa sudah tercampur dengan perasa lainnya, misalnya asam, atau sebagian juga sudah tercampur dengan ragi dan biasanya pembuatan baking powder bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan peralatan seadanya.

Caranya cukup sediakan bahan seperti baking soda, cream tartar, dan pati jagung. Dan juga peralatan seperti ayakan, wadah atau mangkok, dan kocokan.

Ambil dua sendok makan baking soda, 2 sendok makan pati jagung, dan 4 sendok makan cream tartar. Ayaklah ketiga bahan tersebut dan kocong dalam satu mangkok, dan paking powder sudah siap untuk digunakan.

Namun jika anda ingin membuat baking powder dengan beberapa varian rasa, bisa ditambhkan dengan susu bubuk atau lemon, satu lagi yang perlu anda ingat bahwa baking powder harus ditempatkan pada tempat yang kering dan tertutup.

  1. Dari Segi Manfaat
  • Baking Soda

Perbedaan baking soda dan baking powder dalam segi manfaat, baking soda memiliki manfaat yang banyak, mulai dari perawatan kulit hingga perawatan, rambut dan kuku.

Baking soda biasa digunakan dalam perawatan kulit misalnya, memutihkan kulit dibagian ketiak, membantu pengobatan jerawat, menghilangkan flek hitam, menghilangkan minyak pada wajah dan mengangkat sel kulit mati, memerah bibir, dan juga bisa diolah dengan campuran lain menjadi pasta gigi yang bisa merontokkan karang gigi, dan untuk rambut bisa digunakan sebagai conditioner setelah keramas/cuci rambut.

Namun manfaat yang paling umum kita ketahui adalah sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue.

  • Baking powder

Baking powder yang sudah dicampur dengan bahan perasa lainnya seperti susu dan lemon tentu saja kegunaanya hanya untuk bahan pengembang dan penambah rasa pada kue.

Tetapi jika baking powder yang masih murni bisa juga dimanfaatkan sebagai, Mengilangkan bau pada sepatu dengan cara merendam sepatu dengan baking powder, menghilangkan noda gosong pada alat masak, memutihkan baju yang kekuningan, menyegarkan bunga dalam vas, dan juga bisa digunakan sebai perawatan kulit.

  1. Tekstur

Baking soda teksturnya lebih kesat, sama seperti tekstur tepung pada umumnya. Sedangkan baking powder tidak begitu kesat.

  1. Rasa

Baking soda rasanya antara campuran pahit dan getir, sedang baking powder yang sudah dicampur dengan beberapa varian rasa tidak lagi pahit atau getir.

Sekian untuk perbedaan baking soda dan baking powder, semoga saja artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *