Revisi Singa Prancis

Tanpa publikasi besar-besaran PT Astra International – Peugeot telah merilis Peugeot 3008 baru. Hanya sekadar revisi alias facelift, namun pengetesan lengkap kami menyimpulkan hasil mengejutkan. Benar, 3008 baru ini bukanlah peng- gantian model. Ia hanyalah facelift yang merupakan penyempurnaan dari model sebelumnya. Model lamanya sendiri sudah eksis sejak tahun 2010 dan sampai kini masih dijual oleh Peugeot di Indonesia. Ia dijual dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Artinya bukan sekadar menghabiskan stok. Kejutan pertama adalah harga.

Jika lazimnya model baru dibanderol lebih mahal, maka 3008 facelift (FL) ini malah lebih murah. 3008 yang masih dijual hingga kini dilego Rp 516,8 juta. Sedangkan 3008 FL ‘hanya’ Rp 448,6 juta, keduanya o­ the road. Selisih Rp 68,2 juta tentu berarti untuk mobil di kelas ini. Tapi mengapa bisa begitu?. Musababnya adalah diet ­fitur.

Dua ­fitur mewah yang absen di 3008 FL adalah atap panoramic dan head-up display. Kedua ­ tur itu memang terhitung mewah dan mahal bahkan untuk ukuran mobil modern, sehingga ketika dihilangkan sukses membangun harga mobil yang lebih a­ ordable. Bagusnya, meski mewah berkurang tapi absennya ­ tur tersebut tidak menurunkan rasa berkendara 3008 FL. Fitur lain yang tak dimiliki 3008 FL adalah jok berlapis kulit dan DVD mo nitor.

Tapi jangan khawatir, meski joknya tak lagi dibungkus kulit namun soal kenyamanan tetap khas Peugeot. Istimewa. Identitas paras terlihat dari headlamp yang kini berlatar hitam. Lampu tersebut juga sudah dilengkapi DRL dan lampu seinnya sudah LED. Teknologi LED yang modern dan hemat energi itu juga hadir pada stoplamp belakang. Oh ya, stoplamp belakang juga sudah berganti aksen jadi cakar singa seperti pada 508 si sedan besar Pug. Tak ketinggalan adalah pelek model baru yang menghasilkan kesan kaki-kaki lebih sporti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *