Kakak Adik Pilek Bergantian

Saya mempunyai dua putri (4 tahun dan 11 bulan). Mereka berdua selalu pilek bergantian. Kalau si kakak sembuh gantian adiknya yang pilek dan kadangkadang juga disertai batuk ringan. Obat apa ya dok, yang sebaiknya ada di rumah? Adakah dampak negatif untuk pilek itu? Mohon solusi. Terima kasih. Riza kurniasari – jakarta Batuk pilek yang biasa diderita anak-anak atau yang dikenal sebagai common cold/ selesma biasanya disebabkan oleh virus, misalnya rinovirusa.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Gejalanya adalah demam (ringan sampai tinggi), hidung tersumbat atau meler, batuk, badan lemas, kurang aktif, nafsu makan/minum relatif berkurang, kadang disertai BAB cair/lembek, dan sebagainya. Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan daya tahan tubuh yang akan mengatasinya. Penularan terjadi akibat percik renik/droplet dari saluran napas yang mengandung virus tersebut terhirup oleh anak lain. Biasanya kondisi itu terjadi karena kontak erat serumah, di kelas, kantor dan sebagainya.

Jadi, sudah dapat diprediksi bila ada anggota keluarga yang menderita, maka akan terjadi risiko penularan kepada anggota keluarga lainnya. Pencegahannya, dengan membiasakan pola hidup yang higienis, menghindari bersin/ atau batuk di dekat anggota keluarga lainnya, minum yang cukup, dan asupan nutrisi yang bergizi. Sedangkan untuk obat-obatan tidak ada yang khusus, hanya sediakan obat penurun demam, seperti parasetamol, cairan garam fisiologis (NaCl 0,9%) untuk tetes hidung saat si kecil tersumbat, dan optimalkan asupan cairan dan makanannya.

Salah Makan Bisa Pengaruhi Khasiat Obat

Ternyata, beberapa jenis makanan yang lazim dikonsumsi sehari-hari bisa menimbulkan interaksi negatif dengan obat yang sedang dikonsumsi. Sebagian jenis makanan bisa menurunkan khasiat obat, ada juga yang bisa menimbulkan efek samping serius. Misalnya, mengonsumsi jeruk nipis kala sedang minum obat batuk. Jeruk nipis mengandung sejenis enzim yang berpengaruh buruk jika bercampur dengan dextromethorphan atau sejenis obat batuk.

Minum obat ini bisa menyebabkan kantuk, namun bila berlebihan atau dikombinasikan dengan jeruk nipis, tak jarang bisa menimbulkan halusinasi. Kombinasi yang juga tak disarankan adalah mengonsumsi produk olahan susu ketika sedang minum antibiotik, karena kalsium yang ada di dalam olahan susu bisa mengganggu penyerapan antibiotik dalam tubuh.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *