Cara Hentikan Ngempeng Anak Bag3

Jadi, jika si kecil baru saja belajar berbicara (di usia batita memang masanya!), empeng akan membatasi kesempatannya untuk berbicara, menyimpangkan artikulasinya, dan menyebabkan lidahnya rata secara tidak alami. Di sejumlah kasus, seringnya penggunaan empeng dapat menyebabkan lidah terdorong ke depan di antara gigi yang akan membuat pertumbuhan gigi anak menjadi bermasalah.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Anak Pendiam

Dalam bukunya setelah melakukan pengamatan, Patricia menemukan bahwa ngempeng biasanya lebih sering terjadi pada anak pendiam dan pemalu. “Anak-anak yang aktif dan periang ini pada umumnya juga memiliki banyak kegiatan, sehingga tidak sempat lagi untuk mengisap jempolnya atau benda-benda lain,” tulisnya. Jadi, kebiasaan ngempeng yang masih berlanjut muncul, karena anak kurang percaya diri, merasa tak aman, atau kurang diperhatikan orangtuanya. “Ada sesuatu yang membut tidak enak pada dirinya, sehingga ia mencari perasaan aman melalui cara mengisap jempolnya, mengisap ujung bantal, memilin-milin selimut, atau mendekap bonekanya.”

Kendati begitu, rasa aman seorang anak biasanya lebih terkait dengan perasaan dicintai dan disayangi. Makanya Patricia meminta untuk para orangtua jangan terlalu pelit dalam hal mengungkapkan rasa sayangnya kepada anak. Bisa dengan ungkapan kata-kata ataupun dalam bentuk tindakan seperti belaian, ciuman atau pelukan. “Jadi, anak merasa dilindungi, dipenuhi kebutuhannya secara psikis, dan tak perlu ada yang ditakutkannya.” Anak pun tak merasa perlu untuk mencari “pegangan” dari benda-benda lain.

Memisahkan Dari Empeng

Agar ngempeng tak berlanjut hingga anak besar, lakukan pencegahan sedini mungkin. Untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik dengan orang seisi rumah, baik dengan kakek-nenek yang tinggal serumah dan juga pengasuh anak. Jangan sampai, Mama melarang tapi oleh si pengasuh dibiarkan. Anak akan bingung. Kalau semua orang seisi rumah satu suara, motivasi anak dalam hal menghentikan kebiasaan buruknya itu akan tumbuh. Mama bisa membantu si kecil dengan memisahkan diri dari empeng dengan cara-cara berikut: 1. Cobalah mengantisipasi waktu-waktu yang kita tahu kalau si kecil akan menginginkan empengnya, lalu siapkanlah sesuatu sebagai pengganti.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *