6.000 Member Sehari

Hanya dalam waktu sekitar dua minggu, group di Facebook ini tembus jumlah anggota sampai 100 ribu lebih. Dalam sehari, bisa ada ratusan posting yang diikuti dengan ribuan Like dan Comment. Mereka mem-posting dan mengomentari tulisan, gambar, atau video yang membuat mereka tersenyum atau malah tertawa terbahak-bahak karena emosinya tersentil kenangan lama di tahun 80-an atau 90-an. Ya, itu dia Facebook Group yang berjuluk Hits From 80s & 90s.

Baca juga : Net89

Group ini sangat fenomenal. Saat tulisan ini diselesaikan, sudah ada 106.337 member, padahal baru berdiri 5 September 2014. Dua ribuan orang datang pada saat kopi darat pertama pada 19 September. Postingan dari member terus mengalir seperti air bah, bukan hanya dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Kali ini kita akan berbincang secara eksklusif dengan Mas Nicko Krisna, seorang co-founder dari Opti-one, sebuah perusahaan konsultan digital creative, yang merupakan inisiator group tersebut.

Kewalahan nggak Mas Nicko, dengan posting yang membanjir dan komentar yang membludak?

Hahaha iya jelas kewalahan kalau di-handle sendiri. Tapi akhirnya saya minta bantuan teman-teman kantor buat jadi admin setelah jam kerja. Kebetulan saya punya agency sendiri, jadi ya sudah, para partner, karyawan saya dan anak-anak kantor bergotong royong. Mereka saya minta mengatur lalu lintas postingan-postingan agar tetap nyaman menjadi wadah bersama, misalnya menghapus postingan yang berbau sara, vulgar, pokoknya yang berpotensi memicu kerusuhan. Karena kan memang ini cuma buat have fun ya, buat hepi-hepi doang. Kalau sampai ada yang rusuh kan jadi nggak enak.

Berarti begadang dong Mas?

Hahaha begadang mah enggak ya. Kalau dijagain 24 jam terusmenerus juga stress kali, hahaha… Nggak tahu ya, kayanya ini memang sebuah fenomena saja, lagi pas saja timing-nya. Apakah bisa tahan lama atau tidak, saya juga ngga tahu. Ini juga kan “by accident” ya, nggak nyangka juga kalau peminatnya bisa membludak sampai ratusan ribu gini. Awalnya aku cuma iseng bikin grup di Facebook, lalu masukin flm jadul “Gejolak Kawula Muda” dari Youtube, video klipnya Linear yang “Spending All My Love”, dan fotofoto Blok M jaman dulu. Terus, aku invite teman-teman yang kenal.

Lama-kelamaan peminatnya meningkat. Ketika member-nya mencapai ratusan saya ngomong gini, “Kalau anggotanya bisa mencapai 1000, aku bikinin event kopi darat (kopdar) deh…”. Waktu kopdar pun pesertanya sudah mencapai 3000-an orang. Jadi kalau sempat ada yang komplain mengenai tempat kopdar yang mengandung kata “beer” itu, sebabnya adalah karena satu-satunya tempat yang sanggup menampung potensi pengunjung yang sebanyak itu, ya cuma tempat itu. Saya sudah keliling berbagai tempat tapi nggak nemu tempat lain.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *